Apa itu Asuransi: Definisi, Unsur Utama dan Jenis-jenis Asuransi - Site Info | Personal Blog dari Madura

Breaking

Search Bar

Selasa, 10 Januari 2023

Apa itu Asuransi: Definisi, Unsur Utama dan Jenis-jenis Asuransi

Apa itu asuransi? Sebuah pertanyaan yang kita hadapi karena kebutaan kita akan masa depan. Konon katanya, asuransi bisa menjadi layaknya payung yang bisa kita siapkan sebelum hujan gitu deh.

Apa itu Asuransi?


Apa itu Asuransi


Asuransi adalah sebuah bentuk perjanjian yang terjadi antara kedua belah pihak, di mana pihak tertanggung akan membayar sejumlah iuran kepada penanggung demi mendapat bentuk ganti rugi dari risiko keuangan yang mungkin terjadi.

Iyes. Tertanggung ini maksudnya adalah kita selaku nasabah. Sedangkan penanggung adalah perusahaan asuransi.

Apa Saja Unsur Utama Asuransi?

Unsur utama dari asuransi meliputi 3 hal, yaitu premi, polis dan klaim asuransi.

Premi Asuransi

Premi asuransi adalah sejumlah biaya yang harus kita bayarkan selama jangka waktu yang sudah kita sepakati bersama pihak perusahaan. Besarannya akan menyesuaikan dengan banyaknya benefit yang akan kita dapatkan.

Waktu pembayaran biasanya sudah ditetapkan di awal. Saat perjanjian tersebut dibuat. Ada yang pembayarannya secara bulanan, semesteran atau tahunan.

Polis Asuransi

Polis asuransi adalah dokumen perjanjian yang sah untuk mengatur segala hal terkait asuransi yang kita inginkan. Apa saja yang ada dalam perjanjian tersebut?

Semua hal mulai dari nilai manfaat, berapa premi yang harus kita bayar, risiko apa saja yang ditanggung dan lain-lain.

Polis ini punya legalitas dan mengikat kedua belah pihak secara hukum. Artinya siapa pun yang melanggar aturan dalam polis, maka pihak lainnya bisa menghentikan kerja sama. Bahkan mungkin bisa menggugat juga.

Klain Asuransi

Klaim asuransi adalah prosedur resmi untuk pengajuan manfaat pada perusahaan asuransi saat nasabah mengalami risiko yang ada dalam polis. Selanjutnya, perusahaan akan memberikan sejumlah dana sebagai ganti rugi atas risiko tersebut.

Jenis-jenis Asuransi

Saat ini ada banyak sekali jenis-jenis asuransi yang bisa kita ikuti untuk perlindungan diri dan keluarga. Apa saja itu?

1. Asuransi Kesehatan

Dari waktu ke waktu tuh kayaknya biaya berobat tambah meningkat. Jenis asuransi ini bisa mengcover urusan rawat jalan, rawat inap plus santunan harian gitu deh.

2. Asuransi Jiwa

Asuransi jenis ini untuk melindungi pencari nafkah utama dalam keluarga dari risiko meninggal dunia.

3. Asuransi Pendidikan

Jenis asuransi ini untuk menyiapkan biaya pendidikan yang semakin lama semakin tinggi saja. Jadi, sistemnya kayak kita nabung buat biaya sekolah gitu deh.

4. Asuransi Rumah

Punya rumah bukan berarti bebas dari risiko ya. Asuransi jenis ini akan mengalihkan perlindungan rumah kita dari kerusakan dadakan pada rumah, kayak kebakaran, pencurian dan lain-lain.

5. Asuransi Kendaraan

Saat beli kendaraan, ada risiko yang akan kita hadapi. Kayak risiko kecelakaan atau pencurian.

Jenis asuransi ini bisa mengcover dari risiko-risiko tersebut. Sehingga, kita nggak mengalami kerugian finansial.

6. Asuransi Kecelakaan

Saat kecelakaan terjadi. Sebenarnya bukan hanya kendaraan yang rentan akan risiko sih. Tapi, diri kita sendiri pun pasti mengalami luka akibat kecelakaan tersebut.

Oleh karena itu, kita bisa mengalihkan risiko biaya medis untuk kecelakaan yang mungkin terjadi pada pihak asuransi. Sehingga, saat kejadian kita nggak mengeluarkan biaya yang terlalu gedhe.

7. Asuransi Perjalanan

Terakhir adalah asuransi perjalanan. Biasanya, kita akan menemukan asuransi ini saat membeli tiket transportasi. Mau itu tiket pesawat, kereta atau kapal.

Biasanya kita akan mendapat proteksi mulai dari delay, kerusakan pada barang bagasi sampai risiko fatal seperti kecelakaan.

Sampai di sini, kira-kira Teman-teman sudah mulai memahami mengenai apa itu asuransi ‘kan ya? Kalau belum, mau penjelasan mendetail tentang apa nih? Yuk sampaikan di kolom komentar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar