5 Aktifitas Ringan untuk Stres Healing di Rumah Saja - Site Info | Personal Blog dari Madura

Breaking

Search Bar

Jumat, 20 Januari 2023

5 Aktifitas Ringan untuk Stres Healing di Rumah Saja

Dewasa ini, rasanya siapapun mudah sekali mengalami stres. Sebuah kondisi saat mental dan emosional kita kacau. Penyebabnya bisa banyak hal. Kalau aku pribadi lebih sering karena rasa jenuh pada pekerjaan dan keputusasaan akan masa depan.

Stres adalah suatu kondisi yang nggak bisa kita biarkan berlarut-larut. Kalau nggak, itu bisa mengganggu aktifitas dan produktifitas diri. Makanya harus ada upaya yang harus kita lakukan untuk mengurai stres tersebut.

Banyak orang memilih pergi jalan-jalan ke luar rumah. Sampai-sampai ada yang pergi tamasya. Padahal ada banyak aktifitas ringan untuk stres healing di rumah saja. Dan biasanya hal ini lebih kupilih karena jelas lebih murah dan terbukti ampuh.

Aktifitas Ringan untuk Stres Healing


aktifitas ringan untuk stres healing


Aktifitas ringan untuk stres healing yang akan kubagikan ini berdasarkan pengalaman pribadi, ya. Secara ilmiah aku yakin akan ada penjelasannya, tapi aku nggak akan membahas sampai ke sana.

Jadi, apa yang akan kubagikan hanya berupa tips. Teman-teman bisa mencobanya nanti. Siapa tahu cocok, kan?

Lalu apa saja aktifitas ringan yang biasa kulakukan di rumah untuk mengalihkan stres yang kuderita?

1. Berkebun


berkebun untuk healing stres


Aku tuh amat suka berkebun. Makanya aku kerap memperkenalkan diri sebagai lifestyle bloger yang suka berkebun. Dan kebetulan, selain hobi, aku ini juga lulusan sarjana pertanian. Jadinya klop banget deh antara hobi dan pendidikanku.

Nah, saat aku ke kebun maka akan timbul rasa suka dalam diri. Entah mengapa, rasanya selalu ada aliran energi positif yang menjalar ke seluruh darahku ketika berinteraksi dengan tanaman.

Selain itu, karena berkebun melibatkan aktifitas fisik, itu bisa membuat tubuhku berkeirngat. Saat berkeringat inilah, tubuh rasanya aktif kembali.

2. Bersih-Bersih Rumah

Memang sih, bersih-bersih rumah itu kewajiban tiap hari. Kalau nggak, ya nanti rumah kotor lah. Tapi bukan itu maksudku. Bersih-bersih yang kumaksud bukan cuma sekedar menyapu dan mengelap meja saja.

Namun, membersihkan rumah secara keseluruhan. Menyapu semua lantai, mengepel semua ruangan, mengganti sprei kasur, juga menata ulang beberapa barang seperti rak buku, tempat tidur, dan lemari.

Aktifitas ini seperti menghadirkan suasana baru bagi diri. Ditambah rasa puas karena melihat rumah bersih dan harum. Duduk dan tidur pun jadi lebih nyaman. Bener nggak?

3. Mandi Sekaligus Keramas

Cara ketiga ini seringkali kulakukan sebagai aktifitas pelengkap dalam mengurai stres. Berkebun dan bersih-bersih rumah akan membuat tubuh berkeringat dan akhirnya badan bau bacem.

Pastinya aku harus mandi dong. Mandinya benar-benar yang dinikmati gitu. Keramas pakai sampo yang banyak supaya kepala bersih. Pakai lulur untuk menghilangkan semua daki di badan. Sikat gigi jangan lupa meski sudah melakukannya di pagi hari.

Jangan lupa juga sabunan yang lama biar tubuh makin bersih. Lalu akhiri proses mandi ini dengan memakai lotion dan berdandan. Beuh, langsung deh, saat tubuh segar, pikiran pun ikut segar.

Adakalanya, mandi ini kulakukan meski sebelumnya nggak berkebun dan nggak bersih-bersih rumah. Karena adakalanya stres datang saat rumah sudah dibersihkan dan kondisi nggak bisa berkebun.

4. Membaca Buku dengan Tema Ringan


baca buku ringan


Membaca buku adalah cara terakhir yang kupilih untuk mengalihkan rasa stres. Dan aku selalu mengawali kegiatan ini dengan proses mandi dulu. Biar apa? Biar saat membaca buku pikiran lebih siap menyerap isi buku.

Karena tujuannya adalah mengalihkan stres, jenis buku yang kubaca adalah buku-buku bertema ringan. Ya kan aku lagi stres, kalau baca buku-buku dengan tema berat, entar aku masih harus berpikir. Kalau begitu kejadiannya, bukannya stres sembuh, malah makin parah dong.

Kalau stok buku di rumah sudah habis dibaca, maka bisa baca buku di aplikasi iPusnas. Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Indonesia versi digital. Di aplikasi ini banyak koleksi buku dengam beragam genre yang bisa kita baca secara gratis.

Terus buku-buku ringan itu maksudnya yang kayak gimana? Menurutku ini ya, yaitu buku yang isinya bisa kita pahami dengan mudah. Sehingga nggak menuntut kita untuk berpikir serius dan biasanya mudah diselesaikan.

Salah satu contohnya adalah buku berjudul Chem in Love dan Sweet Nothing. Keduanya sama-sama bisa kita baca di iPusnas.

Pilihan Lain Aktifitas Ringan untuk Stres Healing di Rumah

Selain keempat aktifitas di atas, ada satu lagi aktifitas ringan untuk stres healing yang bisa kita lakukan. Yakni memasak, tapi kenapa aku nggak menyertakannya?

Alasannya karena aku nggak begitu suka masak. Jadinya bagiku, memasak nggak akan bisa mengurai stres. Adanya malah bikin makin stres karena aku nggak bisa merasakan sensasi enjoy saat memasak.

Tapi aku ada saudara yang suka banget memasak dan tiap kali stres dia akan masak. Intinya, memasak bisa juga kamu jadikan aktifitas ringan untuk stres healing di rumah lho.

Nah, berkebun, bersih-bersih, mandi, membaca, dan memasak ini hanya bisa kita lakukan untuk tingkat stres yang paling ringan, ya. Mungkin stres yang hanya membuat kita gelisah dan uring-uringan sepanjang hari.

Lebih dari itu, pergilah minta pertolongan kepada profesional seperti dokter atau psikolog supaya mendapatkan treatment yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar