Tips Mencegah Orang Toxic Merusak Hubungan Kita dengan Orang Lain - Site Info | Personal Blog dari Madura

Breaking

Search Bar

Minggu, 12 Maret 2023

Tips Mencegah Orang Toxic Merusak Hubungan Kita dengan Orang Lain

Bergaul dengan orang toxic tuh sebenarnya merugikan kita. Mereka bisa saja mempengaruhi kita untuk ribut sama orang lain. Padahal, kalau mau menelaah kembali, kita nggak punya masalah sama orang itu.

Dengan begitu, mau itu teman, rekan kerja bahkan pasangan, kalau dia berperan sebagai orang toxic di hidup kita. Mereka sudah merusak hubungan yang kita bangun dengan orang tersebut.

Tips Mencegah Orang Toxic Merusak Hubungan Kita dengan Orang Lain


Tips Mencegah Orang Toxic Merusak Hubungan Kita dengan Orang Lain
Jangan Biarkan Orang Toxic Merusak Hubungan Kita dengan Orang Lain (Sumber: https://lifestyle.bisnis.com/read/20210831/54/1436156/kenali-ciri-ciri-orang-toxic)


Coba deh, lakukan beberapa tips mencegah orang toxic merusak hubungan kita dengan orang lain, sebagai berikut:

1. Jangan Mengalah Sama Orang Toxic

Mereka tuh selalu punya alasan untuk datang dan mengganggu kita. Kadang malah playing victim untuk membuat kita bersedia melakukan semua yang dia inginkan. Bikin kita harus mengatur ulang semua jadwal yang sudah tersusun. Malah mungkin kita harus melupakan janji yang sudah terucap pada orang lain.

Oleh karena itu, biar hubungan kita sama orang lain nggak rusak. Jangan mau mengalah sama orang toxic!

Maksudku, jangan terpengaruh kalau misalkan orang toxic tadi sudah mulai playing victim! Hadapi mereka dengan tetap positif dan fokus pada hal-hal yang penting.

Kalau emang kita nggak bisa menghadapinya sendirian. Ya, kita minta bantuan dan dukungan sama orang lain.

2. Tetapkan Batasan yang Jelas

Kalau punya teman yang toxic tuh seringnya kita kayak nggak punya privasi dan waktu untuk diri sendiri deh. Dia bakalan mengintervensi semua hal yang ada dalam hidup kita. Bikin orang lain seolah nggak bisa lagi berurusan sama kita.

Akibatnya, kita yang bakalan susah kalau nantinya kita butuh bantuan orang lain. Teman yang toxic tadi bakalan menghalangi. Mending kalau mau bantuin. Yang ada mereka malah membiarkan kita semakin kerepotan direcokin sama mereka.

Oleh karena itu, bagusnya emang kita buat batasan yang jelas. Kayak apa saja yang bisa atau nggak bisa mereka lakukan atau minta dari kita. Tentu dengan bahasa yang mudah dipahami.

3. Nggak Perlu Diskusi Panjang Lebar Kalau Nggak Perlu

Kalau bersama orang toxic tuh mending kita nggak terlalu banyak diskusi deh. Soalnya, sering kali mereka malah bikin kita frustasi dengan semua hal yang mereka bicarakan.

Belum lagi kalau mereka membahas orang lain. Mereka bisa begitu persuasif dan membuat kita ikut merasakan apa yang teman toxic kita rasakan pada orang tersebut.

Pada akhirnya, kita ikut memusuhinya. Padahal kita nggak punya masalah apapun dengannya.

Jadi, mending hindari diskusi panjang lebar dengan teman toxic. Kalau perlu bicara seperlunya saja sama orang-orang begitu.

4. Jangan Biarkan Mereka Mempengaruhi Kita

Sudah bukan hal baru lagi sih kalau orang toxic tuh jagonya mempengaruhi orang. Playing victim. Membuat orang yang nggak bersalah menjadi pelaku kejahatan. Terus minder dan enggan berinteraksi dengan orang lain.

Dengan begitu, dia berhasil merusak hubungan kita sama orang-orang. Karena kita sendiri yang memilih untuk menjauh.

Sebelum terlanjur, mending mah kita bentengi diri. Jangan biarkan orang toxic mempengaruhi kita! Meski dia membuat kita menjadi tersangka. Kalau kita memang bukan pelaku utamanya ya masa bodoh saja.

5. Jangan Biarkan Mereka Mengendalikan Hidup Kita

Nggak sedikit lho teman toxic yang mencoba untuk mengendalikan hidup kita. Mereka berusaha memutuskan sesuatu atas nama kita. Meski pun kita nggak oke dengan keputusan itu.

Daripada belakangan kita yang kesusahan dengan keputusan yang diambil bukan oleh kita sendiri. Mending mulai tegas pada orang toxic dan nggak membiarkan mereka mengendalikan hidup kita.

Jalani kehidupan ini dengan keputusan-keputusan yang kita buat sendiri! Sehingga, apapun konsekuensi yang timbul nggak membuat kita merasa menyesal.

Kesimpulan

Nggak bisa kita ingkari lagi. Keberadaan orang toxic di sekitar kita tuh sangat mungkin membuat hubungan yang kita bangun dengan orang lain hancur.

Oleh karena itu, kita perlu melakukan beberapa tips mencegah orang toxic merusak hubungan kita dengan orang lain. Mulai dari nggak mengalah sama mereka sampai nggak membiarkan mereka mengendalikan hidup kita.

Dengan begitu, kita akan bisa menjaga hubungan baik dengan orang lain. Selain itu, hubungan kita akan lebih tenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar